Dua perak yang  direbut tim bola voli PBVSI Payakumbuh pada Porprov Sumatera Barat XII/2012 di Kabupaten Limapuluh Kota,  hasil maksimal yang dicapai pemain. Meski ditargetkan emas oleh KONI Kota Batiah, tapi belum mampu diwujudkan pebola voli Kota Batiah. “Mohon maaf, baru dua perak yang bisa kami persembahkan kepada Kontingan Porprov Kota Batiah,” ucap Ketua PBVSI Payakumbuh Taufik Idral, di Payakumbuh,  Rabu  (30/10).

Menghadapi Porprov Sumatera Barat XIII/2014 yang akan digelar di Dharmasraya, tahun depan, dua perak itu, minimal satu di antaranya akan dicelup menjadi emas. “Kami akan berusaha optimal dan menyiapkan diri jauh-jauh hari,” tambah pelatih senior Zulfahmi yang mendampingi ketua PBVSI Taufik Idral.

Menurut kedua pembina bola voli ini,  obsesi merebut emas pada Porprov, bukan bualan atau sekedar menumbuhkan kepercayaan KONI kepada PBVSI. Tapi, berdasarkan  catatan prestasi yang dibuat tim putera-puteri Payakumbuh dalam event Piala Anak Nagari Sumatera Barat di Padang, sebelum lebaran baru lalu.

Pada event tersebut, tim putera Payakumbuh yang diwakili Kelurahan Balai Jariang, Payakumbuh Timur, tampil sebagai runner up. Sementara, tim bola voli puteri diwakili Kelurahan Sicincin, Payakumbuh Timur, juga tampil di final dan keluar sebagai pemenang  kedua. Kedua tim, hanya 50% diperkuat pemain andalan PBVSI Payakumbuh.

Berdasarkan evaluasi dari kejuaraan itu, kata Zulfahmi, pada Porprov Sumatera Barat XIII nanti, tim indoor putera-puteri Payakumbuh akan mampu mengukir prestasi lebih baik. Selain pada nomor lapangan indoor, bola voli juga mengincar medali pada nomor bola voli pantai.

Pemain yang disiapkan menghadapi Porprov mencapai 50 atlet, rata-rata berusia di bawah 22 tahun. Mereka ditangani  4 pelatih, Yose Nurwahid, Tedi Azmi, Yuliar dan Zulfahmi. Ke-50 pemain itu, sejak usai lebaran Idul Fitri 1434 H, menjalani  latihan di dua tempat berbeda. Tim putera berlatih di lapangan Balai Jariang dan tim puteri berlatih di lapangan Labuh Basilang.