Padang pariaman, BeritaSumbar.com, Cuaca Ektrim Belakangan ini sudah menimbulkan rawan bencana, mulai dari tanah longsor, banjir, yang melanda sebagian pemukiman lahan pertanian masyarakat Kabupaten Padang Pariaman. Akibat hujan deras tadi malam 11/10 menyebabkan Korong Bukit Gonggang kembali terendam banjir hingga satu meter dari jalan aspal.

Luapan air terjadi karena tidak mampunya draenase menampung tingginya debit air saat hujan mengguyur.Sehingga Jalan raya Bukit Gonggang dari simpang empat Toboh sampai Pasar Kampung Dalam lebih kurang 1,5 KM digenangi air. Luapan air bah tersebut sangat menganggu masyarakat yang tinggal di pingiran draenase tersebut Draenase tersebut, disamping merendam rumah warga, juga merusak lahan pertanian masyarakat, dan menghanyutkan puluhan ribu ikan larangan di sepanjang Banda tersebut.

“Akibat beberapa gorong gorong yang tersumbat debit air sangat cepat meluap kurun dua jam saja hujan turun air banda tersebut sudah meluap kemana mana.

Tidaknya tersumbat,gorong gorong tersebut juga mengecil di tengah. Penyumbatan disebabkan sampah dan lumpur yang menumpuk di dalam gorong gorong.

Mengingat kejadian setiap musim hujan turun marga sangat mengharapkan perhatian warga melalui instansi terkait untuk memperbaikinya. Apalagi mengingat bukit Gonggang kampung halaman bupati Ali Mukhni. Hal ini diceritakan oleh tokoh masyarakat Muhardi Koto yang akrab di sapa “Uncu” ini

Uncu sudah beberapa kali menyampaikan hal ini kepada Walinagari agar dicarikan solusi agar kita terhindar dari musibah banjir luapan draenase terbut, sampai sekarang belum juga tampak aktifitas kearah itu.lanjut Uncu.(syamsul)