Brasilia – Kementerian Perdagangan Brazil pada Senin mengatakan negaranya membukukan surplus perdagangan 491 juta dolar AS untuk April, mengambil akumulasi defisit 2015 sampai saat ini menjadi 5,066 miliar dolar AS.

Ekspor selama April mencapai 15,156 miliar dolar AS melebihi impor sebesar 14,665 miliar dolar AS, ketika angka April datang di 2,96 persen di atas bulan yang sama pada 2014.

Maret membawa surplus 458 juta dolar AS untuk membendung defisit Januari dan Februari masing-masing 3,173 miliar dolar AS dan 2,842 miliar dolar AS di ekonomi terbesar ketujuh dunia itu.

Tahun lalu Brazil membukukan defisit perdagangan tahunan pertama dalam 14 tahun terakhir sebesar 3,930 miliar dolar AS karena penurunan harga komoditas serta pelemahan ekonomi di tetangga Argentina, mitra dagang utama regional.

Keadaan rekening publik dan transaksi berjalan semakin berbahaya, ditambah dengan jatuhnya produksi dan meningkatnya pengangguran meskipun dari terendah bersejarah, telah memukul keras ekonomi terbesar di Amerika Latin itu.

Bank sentral dan Dana Moneter Internasional memperkirakan pertumbuhan tahun ini menjadi negatif di antara minus 0,5 dan minus 1,0 persen dan pemulihan tidak diperkirakan sebelum akhir tahun depan. (Antara/AFP)