Agam, BeritaSumbar.com ,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam berikan sosialisasi tanggap bencana pada puluhan siswa dan guru Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah MTsM Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (7/10).

MTsM ini merupakan Madrasah Tanggap Bencana (Mantab) yang diprogramkan melalui kerjasama BAZNAS Agam dengan BPBD Agam.

Kalaksa BPBD Agam, melalui Kasi Pencegahan, Martiyas selaku pemateri mengangkat tema kajian resiko bencana yang terdapat di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Sosialisasi tersebut, diberikan beberapa materi manajemen bencana, pengenalan dan analisis resiko bencana, Forum Group Discussion serta kegiatan simulasi bencana gempa secara serentak dilingkungan sekolah.

“Mantab bagi sekolah MTsM Sungai Batang, telah diawali dengan sosialisasi pekan lalu yang dibuka secara resmi oleh Camat Tanjung Raya, Handria Asmi,” ujarnya.

Selain Mantab, juga ada program Kampung Tanggap Bencana (Katana), yang juga kerjasama dengan Baznas Tanggap Bencana (BTB) dengan tenaga handal yang terlatih dari Baznas Agam sebanyak 6 orang.

“Program Katana dan Mantap dilaksanakan enam sampai delapan kali pertemuan, dengan pemateri tatap muka dari BPBD dan Jemari Sakato yang dipusatkan di aula Jorong Data Kampung Dadok,” sebut Martiyas.

Ia menjelaskan, Katana beranggotakan 30 orang yang berasal dari warga sekitar, sedangkan program Mantab sebanyak 20 orang siswa.

“Program ini dilakukan bagaimana siswa peduli dan siap melakukan penanggulangan bencana, minimal bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain,” ulasnya. (fadil)