Rupiah desain baru

Jakarta – Bank Indonesia hari ini, Senin, (19/12/2016) mengeluarkan desain baru mata uang Rupiah dengan berbagai pecahan yang akan menggantikan pecahan rupiah yang lama namun desain rupiah baru itu justeru menjadi sorotan dan perbincangan.

Berbagai tanggapan terkait desain baru itu pun bermunculan, pasalnya desain uang baru tersebut terkesan aneh, dan seperti uang mainan anak.

Sofyan, seorang warga yang dimintai tanggapannya tentang uang rupiah baru mengatakan “uang Indonesia kian lama kian modis, tapi yang keluaran sekarang seperti uang mainan anak main monopoli” ujarnya. “dan mirip uang cina” sambungnya.

Menurut Sofyan, perbedanya karena dalam uang baru tersebut terdapat wajah pahlawan dan tarian Indonesia yang berbeda dengan wajah pada uang yuan.

 

uang-nkri-desain-baru-yang-diterbitkan-pada-19-desember-2016-620x330

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Suhaedi dalam siaran Persnya menjelaskan, Pemilihan gambar pahlawan dilakukan melalui proses focus group discussion (FGD) dengan sejarawan, akademisi, instansi terkait (Kemenkeu, Kemensos), dan pemerintah daerah.

“Pemilihan gambar pahlawan memperhatikan prioritas provinsi yang belum terakomodasi dalam uang rupiah. Pahlawan yang berjuang di lingkup nasional, mempunyai dampak besar, dan nilai patriotisme serta memiliki ketokohan seperti nama pahlawan sudah digunakan sebagai nama fasilitas umum,” ujarnya.