PADANG – Objek wisata Batu Malin Kundang gaungnya kembali membahana akhir-akhir ini. Batu yang kisahnya telah melegenda hingga ke pelosok negeri itu beberapa waktu lalu sempat “hilang” ditelan pasir pantai. Namun kini Batu Malin Kundang telah kembali muncul ke permukaan setelah dilakukan revitalisasi oleh Pemerintah Kota Padang.

Dalam kegiatan Musyawarah Komisariat Wilayah I (Muskomwil I) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), 23-25 April nanti, rencananya seluruh peserta kegiatan ini akan berkunjung ke Batu Malin Kundang. Kunjungan ke Batu Malin Kundang bertajuk ‘City Tour’ ini digelar Sabtu (25/4). “Pada Muskomwil, salahsatu agendanya yakni ‘City Tour’ dengan memperkenalkan kembali Batu Malin Kundang,” kata Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad, saat diwawancarai usai rapat finalisasi Muskomwil I Apeksi di ruang Abu Bakar Jaar, Kantor Balaikota Padang, Senin (20/4).

“Kita akan usahakan bagaimana pada Sabtu itu, seluruh walikota dan rombongan dapat hadir di lokasi wisata Batu Malin Kundang,” tambah Sekda.

Beberapa waktu lalu, Batu Malin Kundang memang telah “dikeroyok” seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemko Padang. Dipimpin Walikota, Wawako dan Sekdako, Batu Malin Kundang dibersihkan dari pasir pantai yang mulai menimbunnya. Gotongroyong bersama dilakukan agar Batu Malin Kundang dapat menjadi magnet parwisata Kota Padang.

Dalam menyambut kegiatan Muskomwil I Apeksi ini seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ‘manggaleh’ di lokasi wisata Batu Malin Kundang dibersihkan. Mereka tidak diperbolehkan berdagang selama lima hari saat kegiatan Muskomwil I Apeksi digelar.

Sisi lain. Sekdako menyebut, hingga saat ini persiapan kegiatan Muskomwil I Apeksi telah mendekati rampung. “Persiapan kita hampir 90 persen,” katanya.

Sekdako berharap, dengan kegiatan Muskomwil I Apeksi akan berimbas positif terhadap kota Padang. Utamanya dalam sisi kepariwisataan, dimana dengan diperkenalkannnya kembali objek wisata Batu Malin Kundang dan lainnya, akan menarik wisatawan dari daerah peserta Muskomwil I Apeksi untuk datang berkunjung ke Padang.(Charlie)

- Advertisement -