Kelurahan Balai Batimah, Kecamatan Payakumbuh Timur, pemenang pertama Lomba PKK KB-Kes  Kota Payakumbuh 2013, mewakili Kota Payakumbuh dalam lomba yang sama tingkat provinsi tahun ini.  Tim penilai provinsi, Selasa (10/12), sudah berkunjung ke Balai Batimah, guna menyigi dari dekat, program Gerakan PKK KB-Kes yang telah dilakukan warga kelurahan setempat.

Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi, di Balaikota Payakumbuh, Jum’at (13/12), menginformasikan, dalam lomba Gerakan PKK KB-Kes tahun ini, Balai Batimah punya nilai lebih dari kelurahan-kelurahan lainnya di kota ini. Keterlibatan kaum adam di Balai Batimah, cukup menonjol, termasuk dalam menyukseskan KB. Makanya,  dari 516 KK,  95 % adalah peserta KB aktif dan pelopor KB. Yang belum ber-KB, adalah pasangan suami isteri yang belum mendapat momongan.

Balai Batimah, dikatakan, punya 19 kelompok dasawisma yang aktif menjalankan 10 program pokok PKK. Kegiatan PAUD sudah terintegrasi dengan posyandu. Tidak hanya menimbang balita dan lansia, tapi juga membuka kelas buat ibu hamil dan menyusui.

Dalam mensosialisasikan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), seluruh elemen masyarakat ikut berkampanye. Sehingga, warga memahami arti dan makna dari PHBS itu sendiri. Malahan, sudah banyak kaum lelaki tidak merokok. Kalau pun ada, mereka sudah tak merokok di dalam rumah mereka. Langkah positif yang cukup membanggakan, kata Ny. Henny.

Di bidang penghijauan atau menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, warga sudah mengolah sampah dengan baik. Sampah dilakukan dengan pola 3 R. Pemanfaatan tanah pekarangan dengan tanaman  bermanfaat, separti sayur-sayuran, tanaman obat-obatan dan tanaman bunga hias, sudah membudaya di Balai Batimah. Karena itu, dalam lomba Gerakan PKK KB-Kes, Ny. Henny optimis, Balai Batimah mampu merebut gelar terhormat.