26 C
Padang
Kamis, April 18, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Bakajang tradisi rutin tahunan Nagari Gunuang Malintang
B

- Advertisement -

Limapuluh Kota,beritasumbar.com-Setiap tahun disaat Idul Fitri tiba,Masyarakat Nagari gunuang Malintang Pangkalan mengadakan alek Bakajang. Alek di adakan di aliran batang Maek. Selama acara bakajang berlansung lokasi bakajang ini di penuhi miniatur kapal. Seakan akan pelabuhan laut pindah ke Batang Maek gunuang Malintang.

Bakajang di laksanakan pada hari lebaran ke 4 setiap tahun. Acara tahun ini dimulai pada 9-10/7 kemaren. Dan akan berlansung sampai Rabu 13/7 besok.

Ferizal Ridwan S.Sos bersama kadis Pariwisata Novian Burano dan Camat Pangkalan Andriyasmen hadir di prosesi pembukaan acara bakajang tersebut.

Menurut Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan,tradisi Bakajang mempunyai nilai budaya yang tinggi, sehingga berpotensi dikembangkan untuk pariwisata budaya. “Bakajang harus tetap dilestarikan dan diwariskan ke setiap generasi,” sebutnya.
Jika ditelisik dari perjalanan sejarah serta bahasa, kata Ferizal, Bakajang memiliki dua pengertian, yakni perahu dan pembaharuan. Perahu, katanya, merupakan alat transportasi nenek moyang warga Gunuang malintang yang tinggal di pinggiran Batang Maek, pada zaman dulu.
Sedangkan, pembaharuan, diartikan sebagai kegiatan memperbaharui silaturrahmi antara mamak dengan kemenakan serta anak nagari,
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img