BeritaSumbar.com,-Tentunya masih ingat Sesar Flores yang kemarin mengagetkan saat menggetarkan Lombok Utara. Nah, akhirnya banyak yang bertanya apakah Sesar Kambing ini kepanjangan dari Sesar Flores dan apakah akan bertindak seperti Sesar Flores ?

😦 “Iya Pakde, soalnya kan bisa nganget-ngagetin terus ini”

Sejarah pembentukannya berbeda

Dari sisi sejarah tektoniknya, kedua sesar ini diperkirakan berbeda genesa pembentukannya. Hanya saja saat ini mungkin dalam posisi geografis yang hampir searah. Memang dari tatanan tektonik saat ini menjadi seolah-olah Sesar Kambing ini sama atau kemenerusan dari Sesar Flores.

Peta Tektonik Indonesia yang dibuat IAGI tahun 2008 dibawah ini menujukkn bahwa lokasi Sesar Kambing berada disebelah Barat dari Sesar Flores. Dan juga Sesar RMKS berada disebelah utara dari Sesar Flores.

Peta Tectonic and Structure of Indonesia (IAGI, 2008)
😦 “Nah Trus Pakde, gempa skala sedang ini apakah berpotensi memicu gempa lebih besar sesudahnya ?, itu tuh se[erti di Lombok yaitu gempa besar muncul bbrp mg sth grmpa skala lbh rendah”

Tetap yang penting itu waspada bukan meramalkan

Segmen-segmen gempa memang dapat saling memicu, atau saling mempengaruhi, namun kapan pengaruh ini akan muncul masih tetap TIDAK dapat diketahui waktunya. Jadi tentunya masih ingat bahwa waspada itulah salah satu yang lebih penting ketimbang meramalkan atau memprediksi gempa.

pakde | Oktober 11, 2018