foto by dpp pkb

SEMARANG,Beritasumbar.com- MENOLONG sesama merupakan roh utama hadirnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Indonesia. Spirit kebaikan tersebut tertanam dengan baik di dalam urat nadi setiap kader dan simpatisan partai ini.

Hal itu terlihat jelas dari prilaku 47 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan 209 Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, H Abdul Kadir Karding, sumbangan gaji pokok tersebut diserahkan langsung kepada para korban banjir maupun pemerintah daerah (pemda) setempat.

“Besaran gaji pokok tiap anggota DPR RI sebesar Rp16 juta. Jumlah seluruhnya, dikumpulkan sebesar Rp 752 Juta. Di Jawa Tengah, PKB memiliki 209 anggota DPRD, mereka juga telah menyumbangkan dananya,” kata dia.

Anggota Komisi III DPR RI itu berkata, sumbangan diberikan dalam bentuk tunai, sembako, dan berbagai barang yang dibutuhkan para korban. Karena keterbatasan sumber daya alam, sementara sumbangan difokuskan bagi para korban bencana di Kabupaten Purworejo, Banyumas, dan Banjarnegara.

Di Purworejo, PKB menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp 200 Juta untuk renovasi 31 rumah, pemberian uang saku untuk 10 anak yatim akibat bencana, pemberian dana tunai untuk pengungsi, pemberian 100 bantal, 20 kasur dan dana operasional posko tanggap bencana GP Anshor.

Karding menuturkan, keterlibatan para anggota dewan di tingkat pusat maupun di wilayah Jateng ini diharapkan mampu mengurangi beban yang ditanggung para keluarga korban. Gerakan menyumbangkan gaji ini sebagai bagian dari langkah tanggap darurat. “PKB juga mendesak pemerintah daerah memberikan perhatian penuh terhadap para korban,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga mendesak pada pemerintah untuk mempercepat proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-bencana. Fasilitas umum harus segera dibangun dan diperbaiki agar dapat memberikan pelayanan yang memadai untuk para korban.(DPP.PKB.or.id)