Painan, Sumbar – Pembangunan kolam renang laut di Kawasan Wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) segera rampung pada tahun 2015.

“Pembangunan kolam renang ini sudah dimulai sejak 2014, tahun ini segera selesai. Khusus pada anggaran 2015 kita mendapat dana sebanyak Rp1,5 miliar dari pemerintah pusat, ” kata Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit di Painan, Jumat.

Pembangunan kolam renang laut tersebut merupakan pengembangan pembangunan pariwisata khususnya Pantai Carocok Painan. Ke depan pemkab terus berupaya melakukan pengembangan berbagai sarana dan prasana penunjang lainnya sesuai kemampuan keuangan daerah.

Objek wisata Pantai Carocok Painan merupakan satu dari dua objek wisata yang terletak di pusat kota (Painan) yakni Puncak Bukit Langkisau dan sejumlah objek wisata lainnya dimiliki kabupaten itu.

Objek wisata Pantai Carocok dan Puncak Bukit Langkisau terletak berdampingan di Kecamatan IV Jurai sehingga saling menunjang. Khusus Pantai Carocok Painan karena keindahannya, objek wisata itu sudah terkenal oleh para wisatawan, baik lokal maupun nusantara.

Sementara Kepala Dinas Pemuda Olahraga Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Pesisir Selatan Gunawan, mengatakan, pembangunan kolam mandi laut tersebut bertujuan untuk menambah keindahan objek wisata andalan kabupaten itu disamping sebagai upaya pemkab dalam melengkapi sarana dan prasarana lainnya.

Rencana pembangunan kolam renang laut tersebut sudah dimulai sejak 2013. Tetapi karena terbatasnya anggaran dan besarnya dana yang dibutuhkan untuk pengembangan objek itu sehingga pembangunannya dimulai pada 2014.

Upaya lain oleh pemkab dalam meningkatkan pelayanan bagi pengunjung di kawasan objek wisata tersebut adalah memasang batu penahan gelombang (jety) disepanjang garis pantai kawasan Carocok.

Pengembangan bertujuan agar pengunjung merasa lebih nyaman dan tidak merasa khawatir dengan hempasan gelombang dari laut. Batu jety yang dibangun disekitar disepanjang Pantai Carocok tersebut juga berguna sebagai pengaman pantai dari kikisan air dan gelombang laut.

“Tersedianya kolam renang laut ini kita harapkan Pantai Carocok Painan ke depan akan lebih diminati banyak wisatawan, baik lokal maupun internasional, ” katanya.

Selain itu katanya, dengan tersedianya kolam renang laut tersebut, pengunjung akan tetap dapat bermain dan mandi-mandi air laut di sekitar lokasi objek wisata Pantai carocok, meski pada pasang naik dan surut.

 

Sumber: Antara