Agam, BeritaSumbar.com— Bupati Agam, diwakili Asisten II Setdakab Agam, Jetson menutup secara resmi Agam Education and Culture Expo 2018, di GOR Padang Baru Lubuk Basung, Sabtu (6/10).

Di kesempatan tersebut, Jetson mengucapkan terimakasih pada pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan itu, mulai dari pembukaan sampai penutupan yang dilakukan saat ini.

“Sesuai dengan konsep awal, kegiatan itu merupakan ajang promosi serta mempublikasikan hasil pembangunan bidang pendidikan dan kebudayaan di daerah itu,” ujarnya.

Promosi dan publikasi ini dinilai mampu mengangkat potensi, sekaligus mendukung perkembangan dunia pariwisata di Agam.

Lebih lanjut ia mengatakan, apabila diamati sejak pembukaan Agam Education and Culture Expo 2018, pada 2 Oktober sampai sekarang, ribuan orang dari berbagai lapisan masyarakat mengunjungi Lubuk Basung, sehingga dapat menunjang peningkatan perekonomian masyarakat.

Hal ini sekaligus perkenalkan bahwa Lubuk Basung terus berbenah diri dan berkembang menjadi pusat pemerintahan dengan berbagai fasilitasnya.

Terkait kegiatan tahunan itu, dikatakan Jetson, antusias sekolah, sanggar seni, group kesenian anak nagari dan masyarakat mengikuti iven ini membuktikan bahwa generasi muda masih mencintai seni dan budaya Minangkabau.

Dilain sisi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Isra mengatakan, sejak pembukaan sampai penutupan, kegiatan ini berjalan sesuai dengan yang direncanakan, meski saat ini sedang berada dalam suasana musim penghujan, tetapi semua kegiatan terlaksana sesuai jadual tanpa kendala yang berarti.

Meski demikian, setiap hari kegiatan dihadiri rata-rata 1.000 orang pengunjung dan puncak keramaiannya, Rabu (3/10) dihadiri lebih dari 3.000 orang pengunjung.

Dijelaskan, dari 14 perlombaan yang digelar dalam kegiatan itu, pihaknya sudah menentukan siapa pemenangnya melalui penjurian yang ketat, tanpa ada kecurangan yang akan merugikan peserta.

“Setiap pemenang diberikan hadiah berupa tropi lepas, piagam dan uang saku. Khusus pemenang untuk bintang sains yang digelar Padang TV akan mengikuti final bintang sains tingkat Sumatera Barat,” ujarnya pula. (fadil)