27 C
Padang
Jumat, Maret 29, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Napi Kabur, Lapas II A Bukittinggi Dievaluasi
N

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkum dan HAM) Sumatera Barat (Sumbar) mengevaluasi petugas Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bukittinggi, pascakaburnya lima napi pada Rabu (30/12).

“Kalau terbukti lalai, petugas Lapas bisa dirotasi atau dimutasi,” kata Kepala Kantor Kanwil Kemenkum dan HAM Sumbar Ansaruddin di Padang, Minggu.

Menurutnya, selain Lapas Biaro, semua Lapas dan Rumah Tahanan (Rutan) di Sumbar akan dievaluasi untuk mengantisipasi agar tidak ada lagi tahanan yang kabur.

Ia mengatakan, hasil evaluasi nanti akan dijadikan dasar untuk penyegaran pegawai Lapas dan Rutan di Sumbar.
Terkait kaburnya lima napi, Ansaruddin menilai ada yang salah dengan manajemen Lapas. Sudah lama tidak pernah ada pembaharuan dari dulu.

“Mungkin ini menyebabkan kejenuhan dan kelalaian pada petugas. Ini akan menjadi salah satu hal yang akan dievaluasi,” katanya.

Ia mengatakan, Lapas yang “over” kapasitas tidak dapat dijadikan alasan kaburnya napi, karena hampir seluruh Lapas di Indonesia mengalami hal yang sama.

Selain manajemen, desain Lapas Biaro, menurut Ansarudin, juga turut menjadi faktor yang mempermudah kaburnya napi.

“Desain bangunan Lapas itu berbelok-belok, sehingga tidak semua blok terpantau oleh petugas jaga. Kondisi ini bisa saja dimanfaatkan tahanan untuk kabur,” katanya.

Menurutnya, desain Lapas tersebut akan diperbaiki untuk memudahkan petugas nantinya.

“Sekarang untuk antisipasi setiap siku blok itu kita tempatkan petugas jaga,” ungkapnya.

Sementara itu Kasub Bidang Kemanan Divisi PAS Kanwil Kemenkum dan HAM Sumbar, Rifan mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan pengejaran terhadap lima napi yang kabur tersebut.

“Diperkirakan mereka saat ini telah berada di luar Sumbar. Kita dengan tim masih melakukan pengejaran, berkoordinasi dengan pihak Kepolisian,” katanya. (Ant)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img