Padang Pariaman, beritasumbar.com,-Sebanyak sembilan orang wali nagari terpilih se Kecamatan VII Koto Sungai Sariak melaksanakan pisah sambut di halaman Kantor camat setempat, Senin (4/6). Pisah sambut wali nagari di Kecamatan VII Koto Sungai ini dilaksanakan, karena telah dilantik secara serentak semua wali nagari terpilih se Kabupaten Padang Pariaman Kamis (31/5) di Kantor Bupati Padang Pariaman.

Tokoh masyarakat VII Koto Sungai Sariak, Zahari Zakaria mengatakan, dulu nagari yang ada di kecamatan ini hanya ada empat nagari, akan tetapi dengan adanya pemekaran ini maka nagari berjumlah dua belas. “Jalankan lah amanah ini sebaik mungkin, karena sekarang sudah ada dana nagari untuk membangun nagari,” ujarnya.

Dan lagi katanya, mayoritas masyarakat kita sebagai petani, jadi seorang wali nagari bisa membantu masyarakat itu untuk meningkatkan hasil taninya. “Untuk itu kepada wali nagari bisa merangkak semua elemen masyarakat, baik yang dikampuang maupun yang dirantau untuk kemajuan nagari,” pintanya.

Bupati Padang Pariaman yang diwakili oleh Asisten III, Fakhriati mengatakan, dengan telah diserahkan terimakan ini, tentu semua wali nagari harus bekerja di dengan sebaik mungkin dalam mengelola keuangan nagari untuk membangun nagari. “Dan harus hati-hati dalam menggunakan anggaran nagari, karena sekarang ini semua pembayaran non tunai dan harus melalui rekening. Pemeriksaan keuangan langsung dilakukan oleh KPK,” ujarnya.

Dan lagi, kita mengucapkan terima kasih kepada semua pejabat wali nagari yang telah mengabdikan diri dalam membangun nagari. Terutama sekali untuk semua panitia pemilihan wali nagari yang telah sukses pelaksanaan pemilihan wali nagari. “Dari 74 nagari yang melaksanakan pemilihan walinagari se Padang Pariaman, tidak ada satupun pemilihan yang bermasalah,” katanya.

Dia menambahkan, kepada semua wali nagari yang telah dilantik ini agar merangkul semua masyarakat untuk kemajuan nagari, terutama sekali kepada calon yang tidak terpilih. “Meskipun pemilihan telah usai, tentu kita semua harus bersatu kembali jangan ada perpecahan diantara kita semua. Tentu kepada semua wali nagari terpilih agar merangkul semua elemen masyarakat dalam memajukan nagari kedepannya,” tambahnya.

Sembilan wali nagari yang melakukan pisah sambut adalah, Nagari Lareh Nan Panjang Sungai Sariak, Nagari Limpato Sungai Sariak, Nagari Bisati Sungai Sariak, Ambuang Kapua Sungai Sariak, Nagari Balah Aie Utara, Nagari Balah Aie Timur, Nagari Lareh Nan Panjang Barat, Nagari Lareh Nan Panjang Selatan, Nagari Lurah Ampalu. (bb)