Tanah Datar,BeritaSumbar.com-Semangat kemerdekan dihari lahirnya bangsa ini hampir terlihat diseluruh wilayah Indonesia. Terlihat di media-media seperti media cetak, online maupun televisi berbagai kegiatan turut menghiasi perayaan 73 tahun Indonesia Merdeka.

Tak ketinggalan generasi muda Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan Tanah Datar Sumatera Barat pun gelar Open Turnamen Volly Ball Tingkat Provinsi.

Open turnamen yang digelar dari tanggal 18 Agustus hingga 1 September mendatang akan diikuti club-club terbaik Sumbar U-23 yang akan menampilkan kemampuan terbaik mereka di lapangan semi permanen di depan balai-balai adat nagari tersebut.

Pertandingan yang memperebutkan hadiah tropy dan uang tunai jutaan rupiah, sumbangan dari tokoh masyarakat ini dibuka resmi Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Sabtu malam (18/08).

Ketua Pelaksana Aprioka katakan, “Semangat generasi muda Nagari Balimbing dalam mempersiapkan acara ini luar biasa, dengan swadaya dapat menciptakan lapangan yang cukup baik ini”, ucapnya.

“Dengan adanya open turnamen volly ball U-23 ini diharapkan lahir atlit-atlit berprestasi dari Tanah Datar untuk menyonsong porprov mendatang, selain itu pada open turnamen kali ini juga akan diikuti partai tua usia 50 tahun ke atas untuk memeriahkan”, kata dia lagi.

Dia jua menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Bupati yang telah berkenan membuka secara resmi dan donatur yang telah mensponsori acara tersebut.

Tokoh masyarakat Sy. Dt. Rajo Mangkuto menyebutkan, kegiatan open turnamen ini di Nagari Balimbing sudah beberapa kali diadakan, terkait lapangan yang sudah cukup baik, Ia juga mengharapkan perhatian pemerintah daerah agar kedepan kegiatan olah raga terutama volly ball dapat melahirkan pemain-pemain yang handal.

“Olah raga sebagai alat pemersatu, perlu bantuan dan dukungan kita bersama, kepada pemain silahkan bertanding secara sportif, raihlah kemenangan dengan menampilkan permainan terbaik”, kata dia.

Sementara itu Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam sambutannya sampaikan apresiasi pada pemuda dan panitia yang telah mengangkat acara dalam rangka HUT RI ke-73 tersebut.

Wabup mengatakan, sembari menggelorakan semangat kemerdekaan bersama semua yang hadir dengan ucapan, “merdeka.. merdeka.. merdeka, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi generasi muda dan juga sesuai dengan misi daerah memberantas narkoba di bumi luhak nan tuo ini”. sebut Dia.

“Karena dengan kegiatan ini aktifitas para pemuda di nagari-nagari akan lebih terkoordinir sehingga hal-hal yang berbau narkotika maupun penyakit masyarakat lainnya akan dapat dicegah”, tambahnya.

Wabup juga sampaikan ucapan terima kasih pada tokoh nagari tersebut salah satunya Hj. Jelva Desma yang telah mensponsori kegiatan itu. “ini perlu kita apresiasi karena kepedulian seperti inilah yang kita harapkan, semoga ini juga dapat memotivasi yang lain, terutama pengusaha-pengusaha yang ada di daerah”, kata Dia lagi.

Tampil perdana pada malam pembukaan tersebut club Oppel Padang Panjang berhadapan dengan club dari Lubuak Jantan Lintau Buo Utara. Pasca service perdana oleh wabup permainan berlangsung sengit dan dimenangkan oleh Oppel dari Padang Panjang tiga set langsung.

Turut hadir pada saat pembukaan tersebut, ketua GOW Ny. Retri Zuldafri Darma, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Irfan F)