foto by humas pemkab

Limapuluh Kota,Beritasumbar.com.-
Sebanyak 624 mustahiq yang ada di kabupaten Limapuluh Kota menjelang lebaran idul Fitri 1437 H ini mendapat pembagian zakat dari Baznas. Irfendi Arbi,bupati Limapuluh Kota lansung menyerahkan zakat kepada para mustahiq ini di aula kantor Bupati Bukit Limau Sarilamak Harau.Bupati berharap bantuan zakat ini bisa di manfaatkan sebaik mungkin untuk hal yang positif.

“Kita tidak ingin zakat itu digunakan untuk membeli pulsa atau hand pone baru. Kita berharap tidak ada lagi warga yang menangis karena lapar dan tidak bisa berlebaran,” ujar Irfendi dalam sambutannya ketika menyerahkan secara simbolis zakat konsuntif bagi 624 mustahiq di aula kantor bupati setempat, Rabu (29/6).

Kalau masih ada warga yang tidak makan dan tidak menerima zakat, Irfendi meminta warga bersangkutan melapor langsung ke Basnaz atau kepada bupati. Ia ingin semua warga bisa merasa berbahagia, selalu  bersyukur dan berjuang agar tahun berikutnya tidak lagi menjadi penerima zakat, melainkan sudah menjadi pemberi zakat.

“Silahkan laporkan jikamasih ada warga kita yang kelaparan tapi belum mendapatkan zakat dari Baznas,” ulang Irfendi.

Sebelumnya Ketua Baznas Kabupaten Limapuluh Kota H. Jayusman, S.Pd, MM.Pd dalam laporannya mengatakan, zakat yang sudah terkumpul hingga bulan Juni 2016 sebesar Rp1,04 milyar. Sedangkan target tahun ini mencapai Rp2,5 milyar.

“Zakat tersebut sudah kita salurkan dalam berbagai bentuk. Tak hanya berupa zakat konsuntif yang tengah dibayarkan, namun juga ada dalam bentuk bantuan usaha produktif dan bantuan emergensi seperti buat korban musibah kebakaran atau bencana alam.

Selain itu, zakat tersebut juga disalurkan sebagai beasiswa kategori insidentil yang diberikan setiap tahun dan kategori anak miskin yang pintar. Saat ini jumlah anak binaan kategori miskin yang pintar tersebut ada sebanyak 67 orang. Kuliah mereka dibiayai Baznas hingga tamat.

“Tak hanya kuliah di dalam negeri, mahasiswa tersebut juga ada yang kuliah di luar negeri seperti di Timur Tengah, Amerika, Australia dan Jepang. Bahkan dalam waktu dekat juga ada yang akan kuliah di Inggris,” papar Jayusman.

Masih untuk pendidikan, Basnaz juga menyalurkan bantuan untuk SMA unggul di Kecamatan Harau sebesar Rp6,4 juta/bulan. Disamping beasiswa, zakat itu juga disalurkan buat rehab rumah warga miskin yang kenyataannya masih ada satu atap dengan kandang kambing atau sapi, serta bantuan makan bagi anak miskin hingga pegawai honorer.

“Zakat ini sangat berpotensi dalam mengatasi masalah kemiskinan di daerah ini,” ujar Jayusman.

Selain menyerahkan zakat konsuntif, dalam kesempatan itu Bupati dan Wakil Bupati Ferizal Ridwan juga didaulat menyerahkan dua unit kursi roda bagi warga miskin serta dana premi BPJS yang menunggak buat 11 orang warga tidak mampu. Total zakat konsuntif yang disalurkan dalam acara yang digelar di aula kantor bupati itu sebesar Rp306.841.500.

Ikut hadir dalam acara itu Dandim 0306/50Kota Letkol. Inf. Heri Sumitro, S.Pd dan Dandenzipur Padang Mengatas Mayor Inf. Damai.