Wako Hendri Arnis: Semua Anggota Linmas Harus Mendapatkan Perbekalan Sebelum Bertugas

Padang Panjang, BeritaSumbar.com-60 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Padang Panjang dikukuhkan pada Selasa (12/9)kemaren di Aula Kantor Camat Padang Panjang Timur. Semua anggota Satlinmas tersebut berasal dari Kelurahan serta Kecamatan Sekota Padang Panjang.

Walikota Padangpanjang, Hendri Arnis mengatakan, anggota Satlinmas terlebih dahulu harus mendapatkan pembekalan ilmu sebelum bertugas di lapangan. Dan seiring berjalannya waktu, jumlah anggota Linmas secara bertahap akan ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan kota. Sehingga angka ideal yang disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku dapat dipenuhi.

“Nanti pada tahun 2018, Kota Padang Panjang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dari 171 daerah yang melaksanakan Pilkada. Disini tentunya peranan anggota Linmas menjaga ketertiban dan kelancaran sangat dibutuhkan sekali, “ ujar Hendri Arnis.

Hendri Arnis menambahkan pada saat Pilkada nanti, berbagai kemungkinan gangguan Kamtibmas dalam pelaksanaan Pilkada serentak harus diantisipasi dan disiapkan penanganannya sejak dini, baik dengan cara turun langsung ke lapangan, atau menyerukan di berbagai kesempatan, sehingga pelaksanaan Pilkada 2018 bisa terwujud lancar, aman dan tertib.

“ Peserta pembekalan harus mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memahami fungsi dan tugas linmas tersebut. Untuk menjadi anggota Satlinmas memiliki tantangan yang tidak ringan, karena berupaya menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat,” harap Hendri Arnis.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang Panjang, Arkes Refagus mengatakan, Satlinmas ini nantinya akan diberi perbekalan yang matang karena tugas pokok Linmas ini sangat lah berat,dan nantinya anggota Satlinmas akan dibekali ilmu mengenai penanganan bencana.

“ Satuan yang berasal dari masyarakat maka peran Satlinmas menjadi sangat penting sebagai barisan terdepan yang memiliki kedekatan psikologis dengan masyarakat, dengan memikul Motto 2-CT 1-CL (Cepat tanggap, cepat tindak, dan cepat lapor)”, Kata Arkes.

Arkes berharap semua Satlinmas yang dikukuhkan ini agar bersungguh-sungguh dalam bertugas dan mengemban amanat yang telah diberikan.(REL/Echo)