Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kota Payakumbuh kirim 33 pemain dan official untuk ikut dalam kejuaraan Gubernur Cup 2013, yang akan berlangsung di GOR PT Semen Padang di Indarung, 11-14 Oktoner 2013. Tim dipimpin Ketua Harian PBSI  Firdaus itu, punya misi ganda, merebut tempat terbaik dan  menjajaki kekuatan lawan, sebelum terjun pada Porprov Sumatera Barat XIII/2014,  di Dharmasraya, tahun depan.

Ketua Harian PBSI Payakumbuh Firdaus, didampingi Sekretaris PBSI Julpiter, di Balaikota Payakumbuh, sebelum bertolak ke Padang, Jum’at (11/10), menginformasikan, kejuaraan Gubernur Sumatera Barat Cup 2013, ajang yang tepat bagi atlet Payakumbuh dalam mengukur kekuatan lawan di Sumatera Barat, sebelum berlaga pada multi event Porprov.

Dalam Kejuaraan Gubernur Cup nanti, Payakumbuh akan turun untuk semua nomor pertandingan, mulai dari kelompok umur (KU) 10 tahun, KU 12 tahun, KU 14 tahun, KU 16 tahun dan  KU 19 tahun serta tingkat dewasa (senior).   Dari lima kelompok umur, menurut Firdaus, Payakumbuh akan mampu merebut gelar juara, terutama pada  KU 10, 12 dan 14 tahun.

Sementara, untuk tingkat senior, dinilai Firdaus, akan berlangsung sangat ketat. Sejumlah pemain papan atas dari seluruh kota/kabupaten akan bersaing all out, guna merebut gelar juara. Bagi Payakumbuh, gelar juara di nomor ini tak begitu serius, karena event ini ajang  uji kekuatan sebelum terjun di gelanggang Porprov 2014. Kejuaraan Gubernur Cup ini, untuk setiap nomor mempertandingkan, nomor perorangan, beregu putera dan puteri.

Di antara pemain unggulan yang memperkuat bendera Payakumbuh,  Rifki (KU 12 th), Ihsan ( KU 12 th), Yusuf Dafa (KU 14 th), Debby Saputra dan   Yahya (KU 16 th),   Fadilla  Septryana dan Rahmi Susanti (KU 19). Sementara, di nomor dewasa Hairul Yem, Oki Fakhri dan  Rocky Kurniadi.