foto by google

Pekanbaru,Beritasumbar.com-Antisipasi kecelakaan lalu lintas,terutama disaat menjelang lebaran Dishub Provinsi Riau ingatkan para pemakai jalan. hal ini dengan perkiraan meningkatnya jumlah pemudik dari provinsi penghasil minyak ini.

Dari empat jalur lintas di daerah ini ada 29 titik rawan laka lantas tersebar di jalur utara,selatan,barat dan timur.

Rincian titik rawan itu adalah: lintas Barat, Pekanbaru-Kampar sampai perbatasan Sumatera Barat terdapat sembilan titik rawan kecelakaan, terdiri dari rawan longsor, tikungan tajam dan jalan bergelombang.

Lintas Selatan, Pekanbaru-Taluk Kuantan sampai perbatasan Sumbar terdapat lima titik rawan, di antaranya longsor, jalan berlubang dan tikungan tajam.  Lintas Timur, Pekanbaru-Rengat-Kualu Cenaku. Di sana terdapat delapan titik rawan, ada longsor dan kawasan ramai penduduk.

Sedangkan Lintas Utara, ‎Pekanbaru-Dumai terdapat tujuh titik daerah rawan kecelakaan. Ada tikungan tajam, jalan bergelombang dan pasar tumpah di daerah Duri, Bengkalis.

Untuk mengatisipasi daerah daerah rawan tersebut,  ‎Dishub Riau telah memasang rambu-rambu lalu-lintas dan imbauan daerah rawan kecelakaan sejumlah titik-titik rawan di kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

Sedangkan untuk daerah rawan longsor, Dishub Riau bekerja sama Dinas Bina Marga untuk menyiapkan alat berat. Kadishub Riau berharap dengan adanya peringatan tersebut pengendara bisa lebih berhati-hati dalam berkendara. Dishub dan instansi terkait dalam hal ini selalu terus mengingatkan dan menjaga keselamatan, agar para pemudik bisa lebih nyaman dan aman. Tidak hanya itu, Dishub Riau dan instansi terkait juga akan menggelar razia di sejumlah terminal terkait kelengkapan surat-surat kendaraan, laik jalan dan juga mengecek kesehatan bagi para supir.(RP)