Mantan pelatih Timnas PSSI Nilmaizar yang kini melatih Semen Padang FC, bersama Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi dan Kadisdik H. Hasan Basri, ikut menyaksikan penyisihan Zona  III  Festival Piala Danone Sumbar, yang berakhir, Minggu (31/1).

Nilmaizar mengaku,   sangat senang, melihat cukup banyak bermunculan bibit pemain  sepakbola muda bertalenta, dalam Festival Piala Danone itu. “Saya sangat senang pak walikota, ternyata  Payakumbuh tak pernah kehilangan bibit pemain muda bertalenta. Tinggal lagi mengasuh mereka dalam klub atau SSB pada usia lanjutan.  Saya yakin, ke depan akan lahir pemain nasional dari Payakumbuh ini,” katanya.

Tidak hanya menyaksikan laga antar pemain SSB dalam festival itu, tapi mantan  pemain nasional yang dilahirkan di Nunang, Payakumbuh Barat ini, juga membagi ilmu kepelatihannya kepada sejumlah pelatih SSB Payakumbuh.

Sebaliknya, Walikota Riza Falepi juga memberikan penghargaan kepada Nilmaizar, yang tak pernah berhenti mengamati perkembangan sepakbola di kota ini. Walikota berharap, ke depan olahraga sepakbola Payakumbuh kian maju dan berkembang dengan adanya kompetisi antar-SSB yang dibawah pembinaan Dinas Pendidikan payakumbh ini.

11 Tim Lolos ke Sumbar

Keterangan Kabid Pendidikan Luar Sekolah Tavril, Spd, dan pengurus SSB Payakumbuh Syafrizal, Senin (1/2), penyisihan Festival Piala Danone 2016, Zona III itu, meloloskan 11 tim dari 87 SSB yang ambil bagian. Dari 11 tim yang lolos, 6 SSB berasal dari Payakumbuh, 4 SSB dari Limapuluh Kota dan 1 SSB dari Kabupaten Pasaman.

Tim SSB dari Payakumbuh meliputi Kota Biru, Blue City, Porsid, Tanjung Gadang Putera, Arafah dan Rajawali. Dari Limapuluh Kota, Dispora, Bina Muda, Persada dan Taram. Sedangkan, satu-satunya dari Pasaman, adalah SSB Gama Muda.

Ke-11 tim SSB dari Zona III ini, akan maju ke putaran final tingkat Sumatera Barat, di Padang. Laganya akan berlangsung di Stadion H. Agus Salim, 6-7 Februari 2016. “Kita berharap, dari 11 tim SSB Zona III itu, mudah-mudahan tampil sebagai juara Sumbar,” sebut Syafrizal.

Sepanjang keikutsertaan Payakumbuh dalam kejuaraan sepakbola Piala Danone ini, anak-anak Payakumbuh sudah empat kali maju ke putaran nasional. Terakhir, tim Blue City yang tampil sebagai juara Sumbar dan melaju ke putaran final tingkat nasional, 2014. Tahun 2015, katanya, Payakumbuh gagal mengukir prestasi terbaik dan tak lolos ke tingkat nasional.